Site icon Ledgerowl.com

Tips Bekerjasama dengan Akuntan

xero-akuntan

Memulai sebuah usaha sudah menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pemilik usaha, belum lagi proses pembukuan yang seringkali terbengkalai. Seorang akuntan bisa membantu setiap pemilik usaha untuk meringankan beban mereka dalam menjalankan usaha. Seorang akuntan tidak hanya bisa meringankan beban seorang pemilik usaha, tapi juga bisa menjadi tempat pemilik usaha bertanya tentang bisnis.

Pilih akuntan yang mengerti dengan isu dan tantangan bisnis

Langkah pertama adalah untuk mendapatkan seseorang yang cocok dengan cara kerja kamu sebagai pemilik usaha. Ini adalah kunci agar hubungan kerja antara pemilik usaha dan akuntan berjalan dengan baik untuk jangka waktu yang lebih lama. Pastinya, kamu tidak akan mau bekerja dengan orang yang tidak kamu sukai. Seorang akuntan yang cocok juga harus memiliki pengalaman di industry yang kamu geluti, atau paling tidak mengetahui isu dan tantangan yang kamu hadapi sehingga mereka bisa memberikan solusi yang tepat. Ledgerowl memiliki pengalaman selama lebih dari sebelas tahun di dalam industri jasa kreatif, teknologi, media, dan keuangan. Apabila bisnis UMKM atau start-up kamu berkecimpung di dunia tersebut, tim Ledgerowl siap membantu! Salah satu nilai yang tambah yang ingin diberikan oleh Ledgerowl kepada klien-kliennya dimana kami memiliki keinginan untuk mengurangi penggunaan kertas dalam setiap pekerjaan yang dilakukan. Sehingga proses pengerjaan pembukuan menjadi lebih efisien dalam segi biaya dan waktu.

Komunikasi adalah kunci

Komunikasi menjadi kunci utama dalam kesuksesan setiap hubungan, tidak terkecuali dalam sebuah hubungan profesional dan bisnis. Komunikasi yang baik juga menjadi sangat kritikal ketika akuntan kamu tidak berada di dalam satu kantor setiap hari, sehingga perlu diputuskan channel komunikasi yang mudah digunakan. Di Indonesia, biasanya kita banyak menggunakan Whatsaap sebagai channel komunikasi yang efektif. Setiap bulan, akuntan kamu akan meminta informasi berupa dokumen, tanggal, angka, dan penjelasan lainnya. Biasanya data ini juga dikirimkan melalui media Whatsaap atau email untuk memudahkan pemilik usaha. Di Ledgerowl, kami tidak menyarankan klien kami untuk mengirimkan dokumen berbentuk fisik yang dikirimkan melalui pos dikarenakan alasan efisiensi. Biasanya, kami akan meminta dalam bentuk PDF atau Microsoft Excel. Sebaiknya segala pertanyaan dan permintaan yang diajukan perihal pengerjaan pembukuan bisa dijawab dan diberikan dengan cepat untuk menghindari keterlambatan, contohnya dalam hal pelaporan pajak bulanan. Keterlambatan ini bisa menjadi penambahan biaya dalam bentuk bunga dan penalty dari kantor pajak yang tidak perlu bagi pemilik usaha. Lebih jauh lagi, pemilik usaha bisa mengenalkan akuntan mereka dengan vendor-vendor lain sehingga flow informasi tidak terhambat ketika kamu sebagai pemilik bisnis sedang dalam mengejar deadline. Cara ini menjadi sangat efektif dan lebih cepat bagi setiap pemangku kepentingan. Komunikasi menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Sebanyak apapun pengalaman akuntan kamu, apabila komunikasi channel tidak di bangun, pemilik usaha tidak akan mendapatkan nilai lebih apapun dari hubungan profesional ini.

Jadikan sebagai tempat bertanya

Kemungkinan besar akuntan kamu memiliki pengalaman bekerja dengan bisnis yang mirip dengan bidang yang kamu geluti, sehingga dia bisa memberikan informasi yang lebih akurat. Akuntan yang bagus biasanya akan tahu dimana dia bisa mendapatkan informasi yang kamu butuhkan apabila dia sendiri kurang yakin dengan jawaban yang dia punya!

Exit mobile version